Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Curug Munding, Air Terjun Alami di Pelosok Gunung Kencana-Lebak

Pemandangan Indah Curug Munding
Bantensite - Curug (Air Terjun) yang indah dan mempesona ini merupakan satu dari beberapa Air Terjun indah yang berada di Kabupaten Lebak, sebut saja seperti Curug Kebo, Curug Dengdeng, Curug Kanteh dan masih banyak curug-curug indah lainnya yang dimiliki kabupaten ini. Curug ini sendiri terletak di Desa Cicaringin, Kecamatan Gunung Kencana, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Menurut penuturan masyarakat sekitar, nama “Curug Munding” terdiri dari dua suku kata Bahasa Sunda yaitu “Curug” yang berarti “Air Terjun” dan “Munding” yang berarti “Kerbau” yang jika disatukan berarti Air Terjun Kerbau. Menurut cerita yang beredar di masyarakat dan tentunya telah mereka terima dari para orang-orang tua terdahulu secara turun-temurun, konon pada zaman dahulu ada seekor kerbau yang berjalan di atas Curug itu dan kemudian kerbau tersebut terjatuh kedasarnya, Nah, semejak saat itulah Air Terjun tersebut dikenal dengan nama Curug Munding Hingga saat ini.

Baca Juga : Curug Munding, Air Terjun Alami di GunungKencana

Letaknya yang berada di pelosok kecamatan Gunung Kencana membuat keberadaan Curug Munding belum terlalu banyak diekspose dan diketahui oleh para pegiat alam dan penyuka tantangan sehingga pengunjung yang datang kesini pun relatif masih sangat sedikit. Namun demikian, setidaknya hampir setiap akhir pekan selalu ada pengunjung baik dari daerah atau bahkan luar kota yang datang untuk menikmati keperawanan curug yang satu ini.

Para pengunjung yang datang kesini pastinya tidak akan menyesal meskipun harus berjalan cukup jauh menguras tenaga, karena semua perjuangan itu akan terbayarkan dengan pesona keindahan dan kealamian Curug ini yang bisa membuat siapapun terpana ketika melihatnya. Suara deburan air yang jatuh memecah kesunyian hutan di sekelilignya, dan hembusan angin yang datang membawa butiran air membelai tubuh yang lelah karena perjalanan, sungguh inilah salah satu bukti nyata keagungan Tuhan yang tak ternilai harganya.

Baca Juga : Curug Kebo, Niagara Kecil Dari Malingping

Bukan hanya itu, di bawah Curug Ini terdapat cekungan air yang membentuk seperti kolam sehingga para pengunjung juga bisa bermain air dan berenang sepuasnya sambil menikmati sensasi percikan-percikan air yang jatuh dari atas. Selain itu pengunjung juga bias melompat dan menceburkan dirike air dari tepi-tepi bebatuan yang berada di bawah curug tersebut. Namun harus tetap hati-hati yaa, jangan sampai membahayakan diri sendiri dan pengunjung lainnya.

Itulah sedikit gambaran tentang keindahan dan kelamian Curug Munding yang berada di Kecamatan Gunung Kencana ini, semoga coretan pendek dan sederhana ini bisa memberikan opsi tambahan sebagai referensi liburan teman Bantensite semua. Jadikanlah Curug Munding sebagai destinasi wisata alam anda selanjutnya dan semoga liburannya menyenangkan yaa.